Kematian Al-Hallaj: Sebuah Kisah Dramatis

Judul: Kematian Al-Hallaj: Sebuah Kisah Dramatis
Penulis: Hamid bin al-Hallaj
Penerbit: Titah Surga
Tahun: 2016
Tebal: 112 Halaman 

Al-Hallaj adalah salah satu tokoh besar dalam sejarah sufisme. Pada tahun 922 M ia dihukum mati oleh pemerintahan saat itu karena ajarannya dianggap sesat. Hallaj hidup selama berabad-abad dalam legenda dan kenangan umat muslim di seluruh dunia. Dalam narasi dramatis hari-hari terakhir Hallaj ini, putranya, Hamid bin Hallaj, menyaring inti pemikirannya dalam adegan bergerak yang dikisahkan dengan indah.

Karya ini merupakan bacaan menyegarkan yang menawarkan beberapa gagasan Hallaj tanpa harus terjebak menjadi materi ilmiah yang kering dan membosankan. Buku ini tidak meriwayatkan hidup Hallaj secara kronologis atau menyediakan data-data teknis terkait kehidupannya, tetapi menunjukkan kepada kita sebuah drama yang sangat mudah dicerna sehingga membawa kita terasa dekat dengan Hallaj dan keyakinan-keyakinannya.

Karya ini membantu untuk mengingat bahwa abad kelahiran Hallaj (858 M) adalah abad gejolak intelektual dan eksperimen ilmiah yang hebat di dunia Islam. Ilmu-ilmu Yunani dan filsafat baru saja menjadi bagian dari kesadaran umat muslim. Metode analisis baru menyebabkan kemajuan teknologi serta sampai sekarang dalam kepercayaan, ambisi pribadi dan keserakahan dari para khalifah, wazir, hakim, ahli hukum, ahli teologi, sekte ekstremis adalah di antara penyebabnya. Kaum intelektual, termasuk penyair, sarjana, dan sastrawan, takut pada wewenang, sehingga Baghdad bengkak dengan orang yang lebih atau kurang canggih berebut posisi dan dompet yang ditawarkan atau ditahan oleh pelindung yang bosan melayani diri sendiri. Sederhananya, saat itu adalah zaman inflasi, baik dalam hidup dan dalam retorika; kekerasan instan dan konstan bersaing demi kekuasaan di berbagai tingkat otoritas kelembagaan.

Hallaj, berpengetahuan dalam hukum, tradisi keagamaan, dan kesusasteraan, seperti pemikir mistik lainnya pada zamannya, telah mengembangkan kosakata teknis, bahkan saat ia berkhotbah menentang esoterisme dan spesialisasi yang berlebihan atau legalisme dalam praktek agama. Dari asalnya Persia yang sederhana di barat daya Iran, ia datang untuk menikmati perlindungan dari orang kaya dan berkuasa di Baghdad, terutama dari ibu Khalifah sendiri, bahkan saat ia berkhotbah secara publik menentang praktek korupsi Khalifah. Ia menulis dengan transparan ayat spontan sederhana tentang keintiman cinta Allah dan sistem teologi yang sukar dipahami. Yang terpenting ia membenamkan dirinya secara total dalam ruh Allah melalui cinta. Intisari dari jalannya adalah persahabatan dan kesetiaan sampai akhir, dan keyakinan bahwa itu adalah Teman yang telah ditemukan dan berteman dengan dia, bukan sebaliknya.

 

ORDER VIA CHAT

Produk : Kematian Al-Hallaj: Sebuah Kisah Dramatis

Harga :

http://www.penerbitsimpang.com/2016/12/kematian-al-hallaj-sebuah-kisah-dramatis.html

ORDER VIA MARKETPLACE