Animal Farm

Judul: Animal Farm
Penulis: George Orwell
Penerbit: Simpang
Tahun: 2016
Tebal: 160 halaman

“Kawan-kawan,” teriak Mayor Tua, “sudah jelas bahwa sumber penderitaan hidup kita tak lain adalah tirani manusia. Maka hanya dengan menyingkirkan manusia-lah kita bisa menikmati hasil keringat kita. Hanya dengan mengusir manusia-lah kita menjadi merdeka.

Bertahun-tahun para binatang hidup dalam kesengsaraan. Mereka tak ubahnya budak bagi tuan pemilik peternakan. Kuda-kuda bekerja dengan hanya sedikit jatah makanan untuknya. Ayam-ayam bertelur tanpa pernah bisa melihat anak-anaknya. Begitu pula burung-burung, itik-itik, babi-babi, domba-domba dan yang lainnya.

Namun sejak mendengar pidato Mayor Tua itu, mereka bertekad membebaskan diri dari belenggu manusia. Mereka bertekad tidak mau lagi menjadi budak. Dipimpin dua babi cerdas Napoleon dan Snowball, mereka mulai menggalang keyakinan dan kekuatan. Sampai akhirnya waktu itu tiba, momentum di mana mereka melakukan Pemberontakan dan berhasil mengusir manusia penindas.

Peternakan akhirnya dapat dikuasai dan dijalankan oleh para Binatang. Mereka berhasil mendirikan satu-satunya Republik Binatang di tanah Inggris dengan mengusung ideologi Binatangisme. Bagaimana kehidupan para binatang di peternakan setelah merdeka, apakah menjadi lebih makmur atau sebaliknya….   



  

Similar Movies