Kamar Milik Sendiri

Judul: Kamar Milik Sendiri
Penulis: Virginia Woolf
Penerbit: Simpang
Tahun: 2018
Tebal: 164 halaman

Kamar Milik Sendiri adalah untuk semua orang yang pernah bertanya-tanya mengapa kaum perempuan sebagian besar absen dari sejarah buku-buku, kecuali kalau mereka ratu, ibu atau nyonya.

Bayangkan bahwa William Shakespeare memiliki seorang adik perempuan, sama sangat berbakat seperti dirinya. ‘Tetapi dia tidak dikirim ke sekolah... tidak punya kesempatan belajar tata bahasa dan logika... Sebelum dia keluar dari masa remajanya dia harus bertunangan... dia berseru bahwa pernikahan adalah kebencian dan dipukuli oleh ayahnya... Dia melarikan diri ke London... berdiri di pintu panggung; dia ingin berakting. Para pria menertawakan wajahnya... Akhirnya Nick Greene manajer aktor kasihan padanya; dia mempunyai anak... dan bunuh diri pada suatu malam musim dingin...’

Pada tahun 1928 Virginia Woolf membacakan dua makalah untuk mahasiswa perempuan Cambridge. Dia ingin berbagi dengan mereka ide-ide yang telah membawanya untuk menyimpulkan: ‘Seorang perempuan harus memiliki uang dan kamarnya sendiri jika dia menulis fiksi.’ Kamar Milik Sendiri adalah hasilnya. Karya ini adalah feminisme yang ditanamkan dengan humor dan kehalusan, serta optimisme terhadap apa yang pikiran bebas dapat kerjakan.

Setting dramatis Kamar Milik Sendiri adalah Virginia Woolf diundang untuk memberikan kuliah dengan topik Perempuan dan Fiksi. Dia mengajukan tesis bahwa ‘seorang perempuan harus memiliki uang dan kamarnya sendiri jika dia menulis fiksi.’ Esainya dibangun sebagai narasi setengah fiksi tentang pemikiran yang menuntunnya untuk mengadopsi tesis ini. Dia mendramatisasi proses mental itu dalam karakter seorang narator imajiner (‘panggil saya Mary Beton, Mary Seton, Mary Carmichael atau dengan nama apa pun yang anda menyenanginya -itu bukan soal yang  penting’) yang berada di posisi sama dengan dia, bergulat dengan topik yang sama itu.

‘Betapa banyak kehidupan, sastra, masyarakat yang baik, dan filsafat,
dikemas ke dalam halaman-halaman ini’

Bernard Blackstone

 

Similar Movies