Fihi Ma Fihi: Isyarat-Isyarat Gaib

Judul: Fihi Ma Fihi: Isyarat-Isyarat Gaib
Penulis: Jalaluddin Rumi
Penerbit: Titah Surga
Tahun: 2018
Tebal: 342 halaman 
 
Barangkali tidak ada yang mampu menggabungkan kualitas guru spiritual dan jenius sastra ke tingkat yang lebih tinggi daripada Jalaluddin Rumi (1207 - 1273). Matsnawi-nya adalah salah satu kitab yang paling muktabar dan dihormati dalam Islam.

Buku ini, Fihi Ma Fihi adalah kumpulan kuliah, ceramah, percakapan dan komentarnya tentang berbagai topik yang bermacam-macam. Dalam banyak kasus, diskusi yang ditampilkan dalam buku ini memberi kita penjelasan terperinci yang paling berkelanjutan tentang pemikirannya atas topik tertentu.

Bahkan dalam percakapan, Rumi mengungkapkan wawasan spiritualnya dengan gaya yang kaya bahasa sindiran dan kiasan, dan sering diilustrasikan dengan penceritaan yang mahir. Tema-temanya meliputi keagungan dan kemurahan hati Tuhan seperti yang diungkapkan melalui hal-hal baik di bumi; rangkaian kesatuan antara bentuk dan hakikat; di sini dan di akhirat; pencairan individualitas dalam realitas ketunggalan Allah; dan sentralitas cinta dalam perkembangan ruh.

Ya, menurut Rumi, apa yang kita inginkan sangat menginginkan kita, apalagi kalau tidak. Kekasih tidak akan membiarkan kita pergi.

Dalam beberapa pembicaraan, guru sufi agung ini merayakan ketidaktahuan akan Tuhan. Di tempat lain, dia mengidentifikasi kehadiran yang Maha Kudus dalam kehidupan orang biasa. “Semua orang, orang berdosa dan orang suci, taat dan tidak taat, iblis dan malaikat, melakukan penghambaan terhadap Tuhan.” Pencuri dan orang baik bisa membantu kita belajar tentang diri kita dan orang lain. “Semua orang kemudian melakukan pekerjaan Tuhan, tidak peduli meskipun mereka mungkin berasal dari tujuan Tuhan dan bahkan jika mereka memiliki tujuan lain sama sekali.”

 
Similar Movies