Permata Hati Penuntun Jalan ke Surga

Judul: Permata Hati Penuntun Jalan ke Surga (Sebuah Ikhtiar Mewujudkan Birrul Walidain)
Penulis: Muhammad Arifuddin
Penerbit: Simpang, 2020
Tebal: xx + 344 hlm

Berkhidmat dan memuliakan ibu bapak adalah salah satu akhlak yang terpuji. Perintah berbakti kepada keduanya sering disandingkan setelah perintah beribadah kepada Allah Swt.

Karakter yang tertanam di dalam jiwa, itulah akhlak yang sesungguhnya. Buahnya adalah perbuatan nyata yang tampak oleh mata dan terasa oleh jiwa. Bila jiwa dididik sejak kecil untuk berakhlakul karimah, maka keluarlah secara spontanitas dari jiwanya perbuatan-pebuatan yang baik (tanpa terpaksa).

Namun, jika jiwa ditelantarkan dari pendidikan akhlak dan adab sejak dini, maka hal ini akan menumbuhkan buah yang pahit dari jiwa seorang manusia, yaitu akhlak yang buruk. Ataupun jika ia berbuat baik maka ia bertindak dengan terpaksa (alias tidak tumbuh dari keikhlasan dalam hatinya).

Salah satu untuk menumbuhsuburkan adab dan akhlak yang baik ini adalah dengan pendidikan adab dan pendidikan akhlak sejak kecil. Orang tua yang menginginkan putra putrinya menjadi anak saleh yang mau mendoakan keduanya, maka pendidikan akhlak sejak dini adalah suatu keharusan.

Buku ini mengupas mutiara-mutiara berbakti kepada orang tua dan cara mendidik anak agar memiliki akhlak mulia. Di samping itu, disampaikan pula bahayanya durhaka.

Similar Movies